awal mula ilmu nahwu I:

ilmu nahwu adalah ilmu yang di adakan (di bid’ahkan, so pasti bukan dolalah) pada zaman tabi’in, karena pada zaman rasulullah SAW, ilmu nahwu itu belum ada, di karenakan bahasa arab pada waktu itu masih terjaga utuh, dan Al-quran pada zaman itu juga belum ada harkatnya, dan menurut sejarah mengatakn, Al-quran pada waktu itu belum ada nukhtahnya (titik-titik yang membedakan huruf) dan harkatna dikarenakan para sohabat benar-benar mengerti dan faham akan bahasa sorga ini, di samping belajar kepada rasullulah SAW yang mempunyai sifat fasih dalam mengucapkan bahasa, sehingga rasullullah SAW berkata “aku adalah orang yang paling fasihat dalam mengucapkan huruf dzod” (lihat huruf hijaiyah)
waktu telah berubah, dimana umat islam yang jauh dari para ulama, tidak mengetahui sepenuhnya akan bahasa sorga ini, akhirnya banyak di antara umat islam yang salah dalam membaca surat-surat dari amirul mu’minin atau dalam membaca Al-quran, yang di takutkan akan menjadi kesalah pahaman dalam bahasa dan dalam mema’nai al-quran, akhirnya sampailah berita-berita itu kepada amirul mu’minin, yang menyebabkan pembaharuan (pembid’ahan) dalam bahasa arab.
dalam masalah pembaharuan bahasa arab, menurut beberapa sumber, intinya itu ada dua katagori.
1.katagori pembentukan nukhtahnya (titik-titik pembeda huruf)

2. katagori pembentukan i’rob (pembeda harkat)
kategori pertama lahir (di bid’ahkan) pada zaman umar utsman, yang menjadiakan pembentukan mushaf (pembukuan Al-quran)

kategori kedua lahir pada zaman ali bin abi tholib karomAllahu wajhah, dengan perintahya kepada Abu Aswad Ad-Duali atau bisa juga di sebut Abu Aswad Ad-Da’uli (menurut beberapa sumber) dengan pembentukan ilmu nahwu dari isim fi’il dan haraf.
untuk terusan mas’alah sejarah dari asal mula ilmu nahwu, insyaAllah akan kami terangkan di posting-posting berikutnya, karena banyak pendapat dan riwayat yang menerangakan sebab dan asal-usulnya ilmu nahwu.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: